Sabtu (14/09/2019) bertempat di Lapangan Desa Sale Kecamatan Sale diselenggarakan acara Gebyar Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bansos Komunitas Pekerja Audio dan Senima Sale. Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program bantuan Non-Tunai bersyarat dari Kementrian Sosial yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sesuai data yang dimiliki Kemensos. Bersyarat artinya peserta program harus masuk database keluarga sangat miskin di Kementrian Sosial serta memiliki salah satu komponen :

  1. Ibu hamil,
  2. Balita,
  3. Anak usia sekolah SD sampai jenjang SMA,
  4. Lansia diatas 70 tahun, dan Penyandang Disabilitas Berat.

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) peserta PKH seluruh Indonesia adalah 10 (sepuluh) juta KPM yang tersebar di Indonesia. Untuk Kabupaten Rembang sendiri jumlah KPM total sebanyak 39.000 KPM. Sedangkan untuk Kecamatan Sale memiliki total KPM jumlah 1.568 KPM. Dari total tersebut, terbagi di 15 desa se-kecamatan Sale. Dimasing-masing desa terbagi lagi dalam beberapa kelompok.

Setiap bulan, masing-masing kelompok melakukan kegiatan pertemuan rutin kelompok setiap bulan, yang didampingi oleh masing-masing pendamping PKH dengan materi Peningkatan Pengembangan Kemampuan dan Kapasitas Keluarga. Adapun jumlah Pendamping untuk PPKH Kecamatan Sale saat ini sejumlah 6 pendamping dengan rasio dampingan 1 : 262 KPM.

Adapun maksud dari kegiatan ini adalah :

  • Mengajak seluruh KPM untuk melakukan kegiatan yang menunjang kesehatan yaitu senam sehat ceria.
  • Memberikan kesempatan KPM untuk memperkenalkan hasil karya dan produk masing-masing.
  • Memberikan penghargaan kepada KPM yang telah lulus menjadi mandiri.

Dan tujuan diselenggarakan kegiatan adalah :

  • Agar KPM peserta PKH terbiasa dengan budaya berkegiatan yang positif, memiliki kesadaran suka membatu orang lain/ sosial dan empati yang lebih tinggi serta ikut aktif dalam setiap kegiatan di masyarakat sebagai wujud nyata sebagai warga Negara yang berbangsa, merdeka dan berdaulat.
  • Agar Program Keluarga Harapan Kecamatan Sale dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam peningkatan kesejahteraan sosial bagi masyarakat luas, khususnya di Kecamatan Sale.
  • Peran Pemerintah Daerah sangat penting dalam upaya mengurangi dan mengentaskan kemiskinan melalui program PKH .
  • Meningkatkan wawasan sosial, kesadaran nasionalisme berbangsa dan bernegara dengan memanfaatkan potensi lokal yang ada.

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *